Obat Sakit Mata Belekan Anak Usia 2 Tahun

Mata Bayi Belekan -  Hindari Jangan Melakukan Hal Ini
Obat Sakit Mata Belekan Anak Usia 2 Tahun,Mata bayi belekan umumnya merupakan hal yang wajar dan kerap terjadi pada bayi yang baru dilahirkan. Kondisi ini pun dapat sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu atau dalam 6 hingga 12 bulan. Namun yang harus diwaspadai apabila kondisi ini disertai dengan mata merah atau terus berlanjut lebih dari 12 bulan. Dalam kondisi ini dibutuhkan tindakan medis sesegera mungkin guna menghindari komplikasi serius yang dapat membahayakan penglihatannya. Untuk itu, ketahui lebih jauh mengenai penyebab mata bayi belekan dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab mata belekan

Penyebab mata belekan dapat dilihat dari ciri-ciri cairan atau kotoran yang keluar di mata. Berbeda pemicunya, akan berbeda pula kotoran yang dihasilkan. Ada yang terasa biasa saja, ada pula yang terasa sangat mengganggu.

Beberapa jenis penyebab mata belekan di antaranya:

1. Infeksi bakteri

Ciri utama mata belekan yang terjadi karena infeksi bakteri adalah keluarnya kotoran berwarna kehijauan atau keabuan. Ini mengindikasi terjadinya hal yang cukup serius. Jika dibiarkan, infeksi bakteri dapat menyebabkan kelopak mata sulit dibuka.

Penyebab terjadinya infeksi mata ini adalah bakteri yang memproduksi nanah (pyogenic). Biasanya, penderita infeksi bakteri pada mata ini juga mengalami gejala lain seperti mata kemerahan, gatal dan iritasi.

Selain cairan berwarna kehijauan atau keabuan, infeksi bakteri juga menyebabkan peradangan atau konjungtivis. Ini terjadi ketika selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata mengalami peradangan.

Ketika terjadi konjungtivis, mata akan terlihat kemerahan. Meski demikian, mata kemerahan jarang mengakibatkan kerusakan mata atau gangguan penglihatan jangka panjang.

2. Mata bintitan

Penyebab mata belekan berikutnya adalah bintitan. Ciri-cirinya adalah keluarnya kotoran berwarna kekuningan serta benjolan kecil di kelopak mata. Ini terjadi ketika kelenjar di kelopak mata tersumbat lalu terinfeksi.

Penderita mata bintitan sebaiknya tidak menekan atau mengeluarkan benjolan di kelopak mata sendiri karena rentan mengakibatkan infeksi. Periksakan ke dokter mata untuk tahu cara mengobatinya.

Selain kotoran kekuningan, orang yang mengalami bintitan juga lebih sensitif terhadap cahaya. Bagian kelopak mata yang bintitan juga akan tampak sedikit lebam.

3. Infeksi kelenjar air mata

Kelenjar air mata juga bisa tersumbat dan mengakibatkan infeksi. Istilah medis untuk kondisi ini adalah dacryocystitis atau nasolacrimal sac infection. Orang yang mengalami infeksi kelenjar air mata akan merasakan nyeri di bagian mata, bengkak, dan sudut mata dekat rongga hidung tampak kemerahan.

Dokter biasanya akan merekomendasikan penderitanya untuk mengonsumsi antibiotik. Hal ini perlu segera dilakukan agar infeksi tidak menjadi kian parah.

4. Blefaritis

Penyebab mata belekan berikutnya adalah blefaritis. Ciri-ciri utamanya adalah kotoran dengan tekstur keras di kelopak mata dan bulu mata. Sama seperti penyebab mata belekan lainnya, pemicunya juga bakteri yang menginfeksi bulu mata dan kelopak mata.

Tak hanya itu, kelopak mata juga bisa terkena kotoran dengan bentuk seperti ketombe yang terakumulasi. Anda bisa mengatasinya dengan mengompres air hangat di bagian kelopak mata dan menggosoknya perlahan.

5. Alergi konjungtivis

Pernah melihat atau bahkan merasakan adanya kotoran lengket berwarna putih memanjang di mata? Itu adalah ciri-ciri terjadinya alergi konjungtivis. Munculnya kotoran ini adalah respon tubuh untuk mengeluarkan substansi yang lengket di bagian dalam mata dan bawah kelopak mata.

Penderitanya biasanya merasakan kotoran lengket putih memanjang ini terus-menerus meskipun telah dibersihkan. Dokter mata biasanya merekomendasikan obat tetes mata khusus untuk menjaga agar mata tetap terhidrasi. Cara ini juga dapat merangsang produksi antibodi penangkal bakteri.

6. Virus

Ketika seseorang terkena virus, salah satu reaksi tubuh adalah mengeluarkan kotoran berupa cairan lewat mata. Selain itu, penderitanya juga akan merasa pembengkakan pada kelopak mata, penglihatan kabur, mata kemerahan, dan rasa mengganjal pada mata.

Salah satu virus yang paling sering menyebabkan hal ini adalah infemasalah pada saluran pernapasan atas. Iritasi dan peradangan menyebabkan mata terus menerus berair dan belekan.

7. Mata kering

Penyebab mata belekan terakhir adalah kondisi mata yang terlalu kering. Biasanya, ciri-cirinya adalah kotoran kering dan kecil yang ditemukan di bagian ujung mata saat terbangun. Hal ini terjadi ketika mata tidak terhidrasi dengan baik.

Idealnya, mata akan tetap terhidrasi karena air mata sebagian besar mengandung air,  lendir, dan minyak. Ketika komponen air menurun drastis, lendir dan minyak akan menempel dan menumpuk hingga kering di bagian ujung mata.

Mengenali penyebab mata belekan memang tidak mudah. Namun Anda bisa mencari tahu apa pemicunya dengan melihat konsistensi dan karakter kotoran yang mengendap.

Cara Mengobati dan Mencegah Sakit Mata Menular

Penanganan sakit mata menular perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk mengetahui penyebab pasti sakit mata menular yang Anda rasakan, Anda perlu menjalani pemeriksaan ke dokter spesialis mata.

Untuk mengobati sakit mata menular, penangananan yang dapat dilakukan antara lain berupa:

Penggunaan obat-obatan

Untuk mengatasi sakit mata menular yang disebabkan oleh bakteri, dokter dapat meresepkan obat antibiotik dalam bentuk tablet atau kapsul untuk diminum, serta salep atau obat tetes mata.

Sedangkan sakit mata menular yang disebabkan oleh virus dapat diobati dengan obat antivirus. Namun, sakit mata menular akibat infeksi virus ada juga yang tidak membutuhkan penanganan khusus.

Untuk meredakan keluhan pada mata, seperti nyeri dan mata merah, dokter dapat memberikan obat tetes mata berupa air mata buatan dan obat pereda nyeri golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Baca juga : Sakit Mata Belekan Hindari Hal Berikut Ini

Pengobatan secara mandiri di rumah

Selain menggunakan obat dari dokter, ada beberapa perawatan di rumah yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejala sakit mata menular, yaitu:
  • Membersihkan kelopak mata dengan kain basah
  • Mengompres mata dengan kain yang sudah direndam air dingin untuk meredakan bengkak
  • Mengompres mata dengan kain yang direndam air hangat untuk meredakan rasa nyeri dan membantu membersihkan mata yang belekan
  • Tidak menggunakan lensa kontak untuk sementara waktu
  • Tidak banyak menyentuh atau menggaruk mata

Langkah Pencegahan Sakit Mata Menular

Agar terhindar dari sakit mata menular, Anda dapat melakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini:
  • Cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik, terutama setelah melakukan kontak dengan penderita sakit mata menular.
  • Hindari menyentuh wajah, terutama bagian mata, hidung dan mulut.
  • Bersihkan cairan yang keluar dari mata dengan tisu bersih, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.
  • Cuci sprei, sarung bantal dan guling, serta handuk dengan deterjen dan air hangat secara rutin.
  • Gunakan lensa kontak dengan baik dan benar.
  • Hindari berbagi penggunaan obat tetes mata, lensa kontak, kacamata, handuk, dan kosmetik dengan orang lain, terutama orang yang sedang sakit mata.

Vitama De Nature Indonesia Pengobatan Sakit Mata

Vitama De Nature Indonesia Rp 150.000 ( Belum Termasuk Ongkos Kirim )
Isi Kemasan Produk :

  • Kapsul Vitama De Nature Isi 50 Kapsul
  • Vimata De Nature Isi 50 mil
Aturan Pakai :
  • Kapsul Vitama De Nature Diminum 2 Kapsul 3x Sehari 1 Jam Sebelum Makan
  • Tester Vimata diteteskan Pada Mata Yang Sakit, 3 x Sehari
Manfaat atau Khasiat :
  • Mengobati sakit mata memerah
  • Mengobati mata rabun
  • Mengobati mata minus
  • Memelihara kesehatan mata
  • Mengobati mata katarak
  • Mengobati Glukoma mata
  • Mengobati mata perih
Vitama dan Vimata de Nature Indonesia de Nature indonesia merupakan produk berkualitas tinggi dan multi khasiat serta mampu Mengobati dan menjaga kesehatan mata pada penderita sakit mata, Segera lakukan pengobatan penyakit anda sekarang juga dengan menggunakan produk Vitama dan Vimata de Nature indonesia.

Legalitas produk :

Produk de nature indonesia merupakan salah satu produk yang sudah terdaftar resmi di BPOM, MUI, serta sudah memenuhi standar dan bersertifikat ISO 9001:2015 jadi kualitas serta manfaat produk sudah tidak untuk diragukan lagi, aman dan tanpa efek samping aman bagi kesehatan anda. Jika anda mencari solusi pengobatan pada penyakit anda disinilah tempat yang tepat untuk mencari solusi pengobatan terbaik untuk anda.


Review Konsumen De Nature Indonesia

Review Konsumen De Nature Indonesia
Review Konsumen De Nature Indonesia

Ayoo Pesan Sekarang Juga Vitama DeNature Indonesia
Konsultasi dan Pemesanan

Terimakasih anda baru saja membaca artikel tentang Sakit Mata Belekan Pada Bayi Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi anda.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.